Article bento tool 1

Pembahasan pertama saya akan membahas tentang peralatan yang biasa digunakan untuk membuat bento dan kyaraben. Dengan semakin populernya kegiatan membuat homemade bento dan kyaraben di Jepang maka para pengusaha di sana pun dengan jeli melirik pangsa pasar tersebut dan membuat banyak sekali peralatan khusus membuat bento, sekarang terdapat ratusan peralatan dan aksesoris yang berhubungan dengan bento. Dengan penampilan dan bentuk yang lucu dan menarik membuat tools dan aksesoris tersebut menjadi barang-barang koleksi juga bagi sebagian bento luvr, plus ditambah faktor bahwa kebanyakan dari tools tersebut dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Tapi harap diingat bahwa kita pun bisa membuat bento dan kyaraben hanya dengan menggunakan peralatan yang sudah terdapat di dapur rumah kita. Saya harus akui bahwa peralatan dan aksesoris bento yang ada di pasaran dapat membantu kita untuk mempercepat dan memperindah bento yang kita buat, tapi harap diingat bahwa dari semua alat dan aksesoris yang tersedia dalam membuat bento, modal terpenting adalah kreativitas dan sikap antusias kita dalam membuat bento yang menarik untuk anggota keluarga kita tercinta.

Saran saya bagi yang belum pernah membuat bento dan ingin mencoba memulainya (bento newbie) adalah jangan dulu membeli bento tools sebelum mencoba membuat 1 (satu) bento terlebih dahulu. Apabila tidak kuat iman belilah dahulu 1 atau 2 tools seperti animal food picks dan cetakan nasi berbentuk hati atau lainnya. Dan apabila ternyata membuat bento cukup cocok untuk Anda barulah mulai membeli tools lainnya karena akan sangat sayang apabila kita sudah inventasi banyak tools dan nantinya ternyata tidak terpakai.

Tapi sebelum menginventasikan tools dan aksesoris bento sebaiknya menyediakan dahulu beberapa peralatan di bawah ini.

Bento box

Peralatan terpenting dan yang paling utama dalam membuat bento. Sekarang banyak sekali toko yang menjual bento box atau lunch box ini, walaupun sebenarnya dari dulu pun barang ini sudah banyak dijual tapi biasa kita menyebutnya kotak bekal (makan).

Bento box banyak sekali macamnya, bentuk, bahan dan ukurannya. Ada yang berbentuk kotak memanjang, bulat, dan aneka kontur binatang (Hello Kitty, Doraemon, penguin) dan bentuk lainnya (mobil, kereta api, dll.). Ada kotak yang susun 2-3 tingkat, bersekat/tidak, dan ada juga thermal container yang dapat membuat makanan di dalamnya tetap hangat/dingin selama beberapa jam. Bahannya pun beragam dari plastik, kayu, atau stainless steel, namun yang paling umum adalah kotak berbahan plastik. Yang perlu diperhatikan dari bahan plastik adalah apakah mempunyai kualitas food grade atau tidak.

Untuk kotak plastik dengan anti bocor, biasanya ada semacam gelang karet berwarna putih di bagian tutupnya, sebaiknya dilepas dahulu dan dicuci per bagian dan jangan lupa dipasang kembali setelah semuanya kering.Sebaiknya perhatikan juga ukuran kotak yang akan dibeli karena porsi makan setiap orang berbeda. Untuk bento box Jepang biasanya produsen mencantumkan ukuran box (dalam milliliter) yang terdapat di bagian bawah luar box. Untuk perhitungan sederhana, ukuran bento box berbanding seimbang dengan kalori, dengan kata lain box ukuran 600 ml kurang lebih memuat 600 kalori makanan. Cara mudah untuk mengukur kapasitas bento box adalah dengan mengisi air ke dalam bento box sampai penuh kemudian tuang air tersebut ke dalam gelas ukur dan lihat berapa ml atau cc air yang tertuang.

Hal penting lainnya dalam pemilihan box adalah pilihlah box yang tidak mudah bocor dan tidak mudah terbuka sendiri. Bento box untuk anak-anak sebaiknya tidak terlalu sulit dibuka dan ditutup kembali (kontainer Tupperware walaupun berkualitas tinggi tapi kadang sulit sekali untuk ditutup kembali bahkan oleh orang dewasa sekalipun).

Bento box dapat dengan mudah kita temui di toko retail besar seperti Carrefour, Hypermart, Giant, dll. Merk-nya pun beragam dari LionStar, Arniss, dan buatan Cina. Di tempat-tempat tersebut sekarang terdapat konter barang-barang Jepang yang menyediakan bento box berbagai bentuk dan ukuran. Apabila sempat mungkin bisa berkunjung ke Daiso di Mal Artha Gading lantai 1 untuk mencari bento box dan berbagai macam bento tools lainnya dengan harga sama.

Apabila belum ada waktu untuk mencari-cari bento box Jepang, bisa juga menggunakan kotak-kotak merk Lock & Lock dan sejenisnya, itu pun dapat dijadikan kotak untuk bento.

Untuk harga, bento box dapat dibeli dari harga Rp 10.000 sampai Rp 35.000 atau apabila tertarik mempunyai thermal lunch box dijual dengan kisaran harga Rp 150 ribu sampai Rp 450 ribu (sebaiknya membeli thermal lunch box di toko-toko Mangga Dua karena bisa menghemat 20%-50% dibanding dengan membeli di mal).

Cutting boards / Talenan

Dipakai untuk memotong bahan makanan yang kita siapkan untuk membuat bento. Tersedia talenan yang berbahan kayu dan plastik. Sebaiknya cuci dan keringkan talenan setelah selesai dipakai. Apabila memungkinkan juga kita mempunyai beberapa talenan yang masing-masing dapat digunakan untuk memotong daging, ikan, sayuran, dan siapkan juga satu talenan khusus untuk menaruh bahan-bahan yang kita siapkan untuk dimasukkan ke dalam bento box.Talenan dapat diperoleh hampir di semua retail besar dan di pasar tradisional.

Pisau dapur

Hampir pasti ada di setiap dapur rumah. Banyak sekali jenis pisau dapur dan kita tidak akan membahasnya di sini. Yang biasa kita perlukan dan pakai adalah chef’s knife yang dapat digunakan untuk memotong semua jenis daging, ikan, dan sayuran.

Satu lagi yang biasa saya gunakan untuk membuat dekorasi bento adalah paring knife, pisau ukuran kecil yang biasa digunakan untuk memotong buah tetapi dalam pembuatan bento bisa dipakai untuk membuat dekorasi dari sosis, tomat ceri, apel, dan bahan lainnya.

Sebaiknya mengasah pisau terlebih dahulu setiap hari sebelum dipakai karena pisau yang tajam dapat mempercepat kerja di dapur dan juga langsung keringkan pisau dengan kain setelah selesai dicuci.Seperti semua peralatan umum di dapur, pisau dapat dibeli di semua retail besar dan juga pasar tradisional.

Art knife

Dijual di bagian pisau cutter di toko buku, pisau jenis ini agak asing bagi sebagian orang. Kegunaan pisau jenis ini adalah dengan mata pisau yang pendek kita bisa memegangnya seperti pensil sehingga dapat memotong bentuk yang rumit dengan lebih leluasa. Untuk membuat kyaraben pisau jenis ini adalah alat utama yang akan paling sering digunakan untuk membuat potongan-potongan karakter dari egg sheet atau pasta sheet.Jangan lupa untuk menancapkan tutup pisau ini di ujung yang lainnya apabila hendak digunakan agar jangan sampai pisau ini menggelinding dan jatuh dekat kaki Anda.

 Dapat diperoleh di toko buku dan alat tulis di bagian cutter dan gunting, jangan lupa untuk membeli pisau tambahan.

Gunting

Biasa digunakan untuk menggunting kertas roti, pembungkus plastik (plastic wrap), dan juga nori (lembaran rumput laut) dan berbagai keperluan lainnya. Apabila ada disarankan juga untuk mempunyai gunting kecil dengan ujung gunting lengkung untuk membantu menggunting bentuk-bentuk lingkaran atau elips ukuran kecil.Bisa dibeli di toko-toko buku dan alat tulis.

Tweezer / Pinset

Digunakan untuk meletakkan potongan-potongan kecil seperti biji wijen dan potongan nori di atas karakter yang kita siapkan agar lebih akurat dan higienis dibandingkan dengan menggunakan jari tangan. Salah satu alat yang wajib dimiliki untuk membuat kyaraben.Dapat diperoleh di toko-toko alat jahit seperti Hobby Craft (hampir ada di semua mal besar).

Pembungkus plastik / Plastic wraps

Sangat berguna untuk membungkus daging, sayuran, dan buah sebelum didinginkan di lemari es. Dalam hal membuat bento plastik ini digunakan untuk membuat onigiri (rice ball) dan juga untuk membungkus karakter yang terbuat dari telur atau pasta yang sudah dipotong untuk disimpan dalam lemari es.

Sedotan dan tutup botol bekas

Sebaiknya kita menyimpan barang-barang ini dengan berbagai macam ukuran. Bukan merupakan bahan yang esensial karena kita selalu dapat memakai pisau untuk memotong bentuk-bentuk lingkaran dan elips, tapi dapat membantu mempercepat pengerjaan dan cukup praktis serta mudah diperoleh.Perlengkapan di atas merupakan peralatan yang cukup esensial dan hampir selalu digunakan dalam pembuatan bento. Saya sarankan untuk menyiapkan alat-alat ini dahulu dalam perlengkapan bento sebelum membeli bento tools yang lain.

Tentu saja kita masih membutuhkan peralatan dapur seperti kompor, panci, kitchen sink dan lainnya untuk memasak makanan yang akan kita masukkan ke dalam bento. Alat-alat di atas lebih dimaksudkan untuk membuat dekorasi bento dan kyaraben.

Untuk perlengkapan lainnya, mungkin kita juga memerlukan computer dan printer untuk mencari dan mencetak gambar-gambar yang akan kita jadikan kyaraben atau kalau kita pintar menggambar dan berencana membuat karakter kita sendiri, dapat menggambar di atas kertas roti untuk membuat template karakter yang akan dipotong di atas egg/pasta sheet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s